Dialog Kemanusiaan

Mengupayakan Dialog antara Spiritualitas Trinitaris dengan Ateisme Spiritual ala André-Comte Sponville

Penulis

  • Fiktor Banoet Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.46567/ijt.v8i2.160

Kata Kunci:

dialog kemanusiaan, spiritualitas, agama(-agama), Kristianitas, ateisme

Abstrak

Apakah ada peluang bagi diskursus tentang dialog kemanusiaan antara kekristenan dan ateisme dalam tatanan diskursif, praktis dan lebih menukik pada relasi antarspiritualitas? Dalam tulisan ini saya akan mencoba mengupayakan peluang tersebut secara imajinatif. Saya berpendapat bahwa usaha menjembatani dialog kemanusiaan antara kekristenan dan ateisme dapat dilangsung dengan menerima posisi keduanya sebagai zona “spiritual” yang dapat diperbandingkan (commensurability) sekaligus tidak dapat diperbandingkan (incommensurability). Tesis tulisan ini dilahirkan dari usaha saya memantau perkembangan relasi keduanya, dengan menengok usaha André Comte-Sponville, yang memang sedang mengembangkan diskursus “spiritualitas tanpa Tuhan.” Dengan pendekatan kritis, spiritualitas tanpa Tuhan akan dibingkai sebagai diskursus bersama dengan spiritualitas trinitaris kosmis dalam rangka mengonstruksi perspektif dialog kemanusiaan. Arah dan manfaat konstruksi ini adalah untuk mengalami spiritualitas trinitaris setelah mempertimbangkan pesan kritis (dialog) dari spiritualitas ateisme sebagai usaha berteologi di tengah krisis kemanusiaan (dan juga ekologi), sebagai perkara historis masa kini dalam konteks Indonesia yang cukup diwarnai kekerasan dan disfungsi sosial agama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fiktor Banoet, Universitas Kristen Duta Wacana

Fiktor J. Banoet adalah mahasiswa pasca-sarjana bidang Teologi di Universitas Kristen Duta Wacana. Minat studinya adalah filsafat moral, filsafat lingkungan dan teologi ekologi.

Referensi

“Accueil.” Accessed September 27, 2020. https://andrecomte-sponville.monsite-orange.fr/.

Adiprasetya, Joas. “Teologi Konstruktif: Tren Berteologi Masa Kini.” Makalah dipresentasikan di Fakultas Teologi Universitas Kristen Artha Wacana, 2017.

Assyaukanie, Luthfi. Ideologi Islam dan Utopia: Tiga Model Negara Demokrasi di Indonesia. Jakarta: Freedom Institute, 2011.

———. “Tiga Jenis Ateisme Di Indonesia | IslamLib.” 13 Desember 2015. Diakses 10 April 2020. https://islamlib.com/agama/ateisme/tiga-jenis-ateisme-di-indonesia/.

Baggini, Julian. Atheism: A Very Short Introduction. Oxford: Oxford University Press, 2003.

Boff, Leonardo. Trinity and Society. Tunbridge Wells: Burns & Oates, 1992.

Bremmer, Jan N. “Atheism in Atiquity.” In The Cambridge Companion to Atheism. Ed., Michael Martin. New York: Cambridge University Press, 2007.

Caputo, John. “Atheism, A/theology, and the Postmodern Condition.” In The Cambridge Companion to Atheism. Ed., Michael Martin. New York: Cambridge University Press, 2007.

Comte-Sponville, André. Dictionnaire Philosophique. 4. éd., 2. tir., nouvelle éd. revue et augmentée. Quadrige, [Dicos poche]. Paris: PUF, 2013.

_______. The Book of Atheist Spirituality. London: Bantam, 2008.

_______. Spiritualitas Tanpa Tuhan. Terj. Ully Tauhida. Tangerang: Pustaka Alvabet, 2007.

_______. BnF Catalogue Général (in French). Accessed September 12, 2020.

Comte-Sponville, André, and François L’Yvonnet. C’est chose tendre que la vie: entretiens avec François L’Yvonnet, 2015. http://res.banq.qc.ca/login?url=http://www.numilog.com/bibliotheque/bnquebec/fiche_livre.asp?idprod=800891.

Copan, Paul. Is God a moral Monster? Making Sense of the Old Testament God. Grand Rapids, MI: Baker Books, 2011.

Dawkins, Richard. The God Delusion. London: Bantam Press, 2006.

Duile, Timo. “Atheism in Indonesia: State Discourses of the Past and Social Practices of the Present.” South East Asia Research, Vol. 26, No. 2 (2018): 161-175. https://doi.org/10.1177/0967828X18770481.

_______. “Being Atheist in the Religious Harmony State of Indonesia.” The Asia Pacific Journal of Anthropology, Vol. 21, No. 5 (2020): 450-465. https://doi.org/10.1080/14442213.2020.1829022.

Gebara, Ivone. Longing for Running Water: Ecofeminism and Liberation. Minneapolis, MN: Fortress Press, 1999.

Geisler, Norman L, and Frank Turek. I Don’t Have Enough Faith to Be an Atheist. Wheaton, IL: Crossway Books, 2004.

Hägglund, Martin. Radical Atheism: Derrida and the Time of Life. Stanford, CA: Stanford University Press, 2008.

Hamersma, Harry. Persoalan Ketuhanan dalam Wacana Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 2014.

Hardiman, F. Budi. Seni Memahami. Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Harris, Sam. Letter to a Christian Nation. New York: Knopf Doubleday Publishing Group, 2006.

_______. The End of Faith: Religion, Terror, and the Future of Reason. Reprint edition. New York: W. W. Norton, 2005.

Haught, John F. God and the New Atheism: A Critical Response to Dawkins, Harris, and Hitchens. Louisville, KY: Westminster John Knox Press, 2008.

Hyman, Gavin. A Short History of Atheism. London: I.B. Tauris, 2010.

Jacobs, Tom. Paham Allah, dalam Filsafat, Agama-Agama, dan Teologi. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Kärkkäinen, Veli-Matti. The Doctrine of God: A Global Introduction. Grand Rapids, MI: Baker Academic, 2017.

_______. Trinity and Revelation: A Constructive Christian theology for the Pluralistic World. Volume 2. Grand Rapids, MI: William B. Eerdmans Publishing Company, 2014.

Küng, Hans. A Global Ethic for Global Politics and Economics. Oxford: Oxford University Press, 1998.

Leahy, Louis. Aliran-aliran Besar Ateisme: Tinjauan Kritis. Yogyakarta: Kanisius, 1985.

Letham, Robert. Allah Trinitas. Surabaya: Momentum, 2011.

Magnis-Suseno, Franz. Agama, Keterbukaan dan Demokrasi: Harapan dan Tantangan. Jakarta: Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina, 2015.

_______. Menalar Tuhan. Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Mangunwijaya, Y. B. Sastra dan Religiositas. Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Martin, Michael, general introduction to The Cambridge companion to Atheism. Ed., Michael Martin. New York: Cambridge University Press, 2007.

McFarland, Ian A., ed. The Cambridge Dictionary of Christian Theology. Cambridge: Cambridge University Press, 2011.

McIntyre, Lee C. Post-Truth. Cambridge, MA: MIT Press, 2018.

Nielsen, Kai. Ethics without God. Rev. ed. Buffalo, NY: Prometheus Books, 1990.

Niles, D. Preman. The Lotus and the Sun: Asian Theological Engagement with Plurality and Power. Barton Books, 2013.

Norris, Pippa & Ronald Inglehart. Sekularisasi Ditinjau Kembali: Agama dan Politik di Dunia Dewasa Ini. Tangerang: Pustaka Alvabet, 2009.

Le Poidevin, Robin. Arguing for Atheism: An Introduction to the Philosophy of Religion. New York: Routledge, 1996.

Shook, John R. The God Debates: A 21st Century Guide for Atheists and Believers (and Everyone in Between). Malden, MA: Wiley-Blackwell, 2010.

Sokal, Alan D. Beyond the Hoax: Science, Philosophy and Culture. Oxford: Oxford University Press, 2008.

von Stuckrad, Kocku, ed. The Brill Dictionary of Religion: Revised Edition of Metzler Lexikon Religion. Leiden: Brill, 2006.

Turek, Frank. Mencuri dari Allah: Mengapa para Atheis Memerlukan Allah untuk Mendukung Ateisme. Malang: SAAT, 2016.

Volf, Miroslav. After Our Likeness: The Church as the Image of the Trinity. Grand Rapids, MI: William B. Eerdmans, 1998.

Wibowo, Setyo, et al. Para Pembunuh Tuhan. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Wyman, Jason A., Jr. Constructing Constructive Theology: An Introductory Sketch. Minneapolis, MN: Fortress Press, 2017.

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Banoet, F. (2020). Dialog Kemanusiaan: Mengupayakan Dialog antara Spiritualitas Trinitaris dengan Ateisme Spiritual ala André-Comte Sponville . Indonesian Journal of Theology, 8(2), 171-197. https://doi.org/10.46567/ijt.v8i2.160

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama